WELCOME ....PAPUA

PAPUA AT MENPORA CUP

PADA TAHUN 2009 PROPINSI PAPUA MENGIRIMKAN PERWAKILAN MEREKA KE JAKARTA.

SSB BYAK DIDIRIKAN & DIKELOLA SECARA PROFESIONAL

SSB BYAK BERDIRI TAHUN 2009

 

Jakarta, 11 November, 2009

DENGAN BANGGA PSSBI MEMPERKENALKAN SSB BYAK.  SEBENARNYA PSSBI SUDAH SEJAK JULY 2009 AKAN MEMPERKENALKAN SSB BYAK DARI PAPUA, BAHKAN PERNAH MENGUSULKAN AGAR MENGGUNAKAN NAMA SSB MUTIARA UTAMA, TETAPI BARU SAAT INI KAMI PERKENALKAN KEPADA SELURUH PECINTA PSSBI.  SSB INI LEBIH BANGGA DENGAN NAMANYA SAAT INI YAKNI “SSB BYAK”.  LIHAT VISI & MISI MEREKA, SERTA PROGRAM & RENCANA SSB INI DALAM MENCAPAINYA.

SSB INI BER SEKRETRARIAT DI:

Jl. DIPONEGORO NO. 133, KANTOR KPU BIAK NUMFOR PAPUA, INDONESIA.  EMAIL ADDRESS: ssb@anakbiak.com WEBSITE: anakbiak.com  Phone: 085254157922 Sergius Wabiser  atau 085254072082  Richy Yosep Rumaikeuw

 

LATAR BELAKANG SSB BYAK

Darimana perkembangan prestasi  sepakbola Indonesia dimulai ?  Para pakar sering (selalu) menjawab : “harus  dimulai dari semua aspek, secara bersama-sama”. Jawaban  demikian  memang sangat Indonesia sekali, dan karenanya kita sendiri terbelenggu  oleh bias distribusi  tanggung jawab yang tidak kentara benar siapa si empunya (pengemban) tugas mulia itu. Itu sebabnya SSB “Byak” memberanikan diri untuk berada di depan mengambil tanggungjawab atas bergulirnya peradaban sepakbola Biak, yang berprestasin dan berindustri. Mengapa mimpi indutri sepakbola, sebagaimana kita cita-citakan semua, perlu terobosan yang konsptual, dioperasionalisasikan dengan sisteam yang secara dinamis dapat mengoreksi dan memperbarui dirinya sendiri, sehingga selalu terkonsolidasi dengan tren/perkembangan sepakbola global, yang tak perna terbelenggu terkungkung oleh masalahnya sendiri, ofisial dan pemain yang kurang paham aturan, penegakan disiplin yang tersendat, fair-play masih sekedar slogan, dan lain-lain. Itu semua menyebabkan persepak bolaan seolah-olah tak akaan perna naik kelas.

Untuk bermain bola dengan baik pemain perlu dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula.

Orang Biak dari tahun ke tahun selalu identik dengan sepak bola. Sepak bola selalu menjadi pembicaraan hangat bukan hanya menjelang tujuh belas agustusan tetapi hampir setiap hari orang-orang muda Biak hidup disekitar pembicaraan dan aktivitas sepak bola. Sepak bola seperti sebuah symbol bagi perekatan masyarakat muda Biak yang antara Kampung yang satu dengan Kampung yang lain dipisahkan oleh jarak yang cukup jauh. Sepak bola mempertemukan para generasi muda antar desa dalam tarung sportif dan adu strategi dilapangan sepak bola.

Dari zaman ke zaman kecenderungan permainan sepak bola di Biak, tinggal nama kejayaan anak-anak biak karena klub terbesar di Biak saat ini tidak sama jaya dengan era 70 an, mengapa saat ini biak hanya nama diluar Biak, bersifat tradisional dan belajar hanya dari pengalaman bermain di lapangan. Padahal sepak bola memiliki tehnik-tehnik permainan yang apabila dipelajari dengan baik akan menumbuhkan keahlian dalam bermain sepak bola baik secara individu maupun kerjasama tim. Ketelatenan dan intensitas rutin mempelajari tehnik-tehnik bermain sepak bola tentu akan meningkatkan kemampuan dalam bermain sepak bola.

SSB telah memenuhi beberapa persyaratan menjadi sebuah sekolah sepak bola ala Biak. SSB telah memiliki siswa sebanyak 20 orang calon siswa yang terdiri dari para remaja/pemuda yang masih sekolah ditingkat SD, SMP dan SMU Biak, SSB telah memiliki pengurus dan tim pelatih yang berpengalaman ditingkat daerah.

 

LAMBANG KEBANGGAAN SSB BYAK.

MEMBANGUN SEPAKBOLA DI BYAK - PAPUA

ORGANISASI & PROGRAM

Pengurus dan Pelatih memiliki program yang berkesinambungan antara tim U-9 s/d U-19 tahun dengan tim senior, untuk mempermudah para pelatih dalam menerapkan strategi pada saat pemain U-21 harus bermain di tim senior sehingga mereka yang berasal dari SSB, usia dini tidak harus beradaptasi lagi dengan program pelatih tim senior.

SSB akan dibagi berdasarkan kelompok  umur  yakni 6-9 tahun, 10-12 tahun, 13-15 tahun dan 16-19 tahun keatas. Metode latihannya akan disesuaikan dengan standar nasional. Latihan tidak hanya dilakukan di lapangan tapi juga ada yang diselenggarakan dalam bentuk kelas. “Namun kelas jangan dibayankan kelas dalam ruangan. Maksudnya lebih kepada materi pelajaran yang berupa teori tapi ini hanya khusus kelas remaja karena teori yang diberikan cukup rumit. Misalnya bagaimana posisi pemain belakang bek kanan saat menyerang. Kalau para remaja itu ‘kan sudah bisa membayangkan sedangkan siswa SD masih sulit untuk itu,”  Jadi, untuk siswa SD lebih kepada teknik dasar dalam sepakbola seperti menendang, menahan bola dengan kaki dan kepala, memberikan bola dan lain-lain. Untuk siswa SD lebih kepada teknik dasar dalam sepak bola, seperti menendang, menahan bola dengan kaki dan kepala, memberikan bola, dan lain-lain. Dengan SSB, pengurus berharap bisa menyediakan wadah pembinaan bagi para peminat sepak bola sehingga dapat membuahkan pemain-pemain yang berkualitas nantinya. Untuk mencapai hasil yang maksimal, setiap 3 bulan sekali diadakan evaluasi hasil latihan dengan Try Out – pertandingan. Para siswa yang berprestasi pun bakal diikutsertakan dalam berbagai kompetisi.

Sesuai rencana, SSB mulai beroperasi pada Agustus  2009 namun persiapannya akan dimulai pada Juni 2009. Berbagai persiapan berupa perbaikan dan perijinan  lapangan berikut pengadaan peralatan latihan akan dilakukan. Sekolah yang berdiri pada Juni 2009 ini bermaksud membina anak-anak dan pemuda demi menyalurkan bakatnya dalam olah raga sepak bola. Dewan pelatihnya merupakan orang-orang yang berpengalaman dan berprestasi di persepak- bolaan. SSB Byak juga akan mendaftar di PSBS Biak (Persatuan Sepak Bola Biak Sekitarnya) sehingga lebih memudahkan bila akan mengikuti kompetisi.

 

Struktur Pengurus SSB “BYAK:

Pelindung             :

  • PSBS Biak Numfor.
  • Ka. Dinas Pendidikan Kab. Biak Numfor

Penasehat            :

  • AGUSTINUS RUMBEWAS, S.E
  • PAULUS RESIRWAWAN, S.E
  • NOACK MARYEN
  • Pdt. GIDION KAWER

Ketua                    :

  • SERGIUS WABISER, S.H

Sekretaris            :

  • SUHARTO.P

Bendahara           :

  • RICHY YOSEF RUMAIKEUW

Humas                  :

  • LUKAS MARJEN

IT/Dokumentasi   :

  • RONALD Y. PONGOH

Perlengkapan      :

  • ISHAK WATOPA, OTNIEL KEIYA

Pelatih                   :

1.      Sergius Wabiser, S.H

2.      Daniel Sirait

3.      Hanok  Mofu

4.      Eddy. Yawan, S.H, M.si

"HALLO...ANAK-ANAK BYAK, SUDAH DAFTAR DI SSB BYAK BELOM ?" DAFTARKAN SEGERA YAAAAAAAAA...DARI LUAR DAERAH BYAK JUGA BOLEH.......

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN PEMUDA BYAK

TUJUAN

Dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak dan pemuda, sebuah klub seharusnya tidak hanya memiliki tim-tim junior, tapi juga perlu mendidik dan melatih mereka secara efektif dan efisien. Sebuah program pengembangan pemuda tertulis menciptakan landasan bagi sebuah pengembangan yang pemudanya menurut kebutuhan-kebutuhan dan tujuan-tujuannya sendiri sehubungan dengan pengembangan-pengembangan lebih jauh kualitas pendidikan pemuda di semua tingkat.

 

VISI & MISI

Setiap program pengembangan pemain muda tidak hanya menyediakan tempat bagi pemain nasional, akan tetapi juga sebagai tempat dimana komunitas muda pencinta olahraga sepakbola dapat menyalurkan bakat sebagai tempat belajar dan menimba pengalaman. Program pengembangan pemain muda diharapkan mempunyai keuntungan bagi klub, tim daerah dan tim nasional junior.

Program latihan yang akan diberikan untuk pemain  di SSB ini tidak hanya sebatas latihan teknik, namun akan diberikan juga teori yang berkaitan dengan permainan sepakbola, seperti peraturan pertandingan. “Kami akan mencoba membuat SSB ini berbeda dengan SSB lainnnya karena selain latihan teknik, pemain juga akan diberi pengetahuan tentang peraturan dalam permainan sepakbola itu sendiri,”

Semoga dengan terbentuknya SSB, dunia persepakbolaan di Biak  semakin meriah dengan lahirnya pemain-pemain muda yang dapat diandalkan. SSB yang didirikan ini  bermaksud membina anak-anak usia dini untuk menyalurkan bakatnya dalam olahraga sepak bola.

 

SEGARA-INDAH BEACH YANG INDAH AKAN JADI TEMPAT TEMPAAN ATAU BOOT CAMP-NYA ANAK-ANAK SSB BYAK SEBELUM BERANGKAT BERTANDING. HUBUNGI: SSB BYAK BILA ANDA BERLIBUR KESANA.......INDAH SEKALI.

BINTANG HARAPAN SEPAKBOLA BYAK DARI SSB INI

Kurikulum/ Tingkatan

Adapun sistem kurikulum/tingkatan sekolah ini adalah: Kelas Junior, Kelas Senior muda, dan Kelas Senior. Kelas Senior Muda dibagi dalam 4 tahap yakni devisi 4,3,2,1. Masing-masing kelas berlangsung selama satu tahun. Tehnik-tehnik dasar dalam permainan bola menjadi andalan dari SSB untuk semester awal ini. Tehnik dasar ini mesti dipelajari dengan sungguh-sungguh dan harus melekat/ mendarah daging dalam setiap pemain sepak bola. Setelah mengetahui tehnik-tehnik dasar, maka si pemain akan bisa mengembangkan keahlian individu menjadi lebih baik. Pemain-pemain sepak bola di Eropa sangat ketat dengan pelatihan tehnik dasar ini. Para bintang sepak bola muncul karena dilahirkan, bukan karena lahir sendiri. SSB sangat ketat dengan pelatihan-pelatihan dasar dalam bentuk :

  • Menendang ( kicking ),
    • Menendang dengan kaki bagian dalam
    • Menendang dengan kaki bagian luar
    • Menghentikan atau Mengontrol ( stoping ),
    • Menggiring ( dribbling ),
    • Menyundul ( heading ),
    • Merampas ( tacling ),
    • Lemparan Kedalam ( trow – in )
    • dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping)
    • Pola-pola dasar sistem bertahan dan menyerang.

 

Jadwal Latihan & Biaya:

Latihan dilakukan 3 kali dalam seminggu setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 14.00 – 16.00  di Lapangan Mandala Biak. Bagi yang berminat tak ada persyaratan khusus. Cukup membayar uang pendaftaran sebanyak Rp.200.000 dan bakal mendapatkan 1 setel pakaian olahraga untuk latihan.  Menyerahkan akhta kelahiran dan pas photo Sedang biaya latihan setiap bulannya adalah Rp. 15.000.

 

Beberapa Rencana SSB Byak :

  • Mengikuti Kejuaraan antar SSB se Propinsi Papua
  • Mengikuti Kejuaraan / festifal SSB se Indonesia
  • Mengorbitkan Pemain-pemain yang professional
  • Mengikuti Kejuaran Piala Danone.

 

DONASI

SSB “Byak” sebagai pusat pendidikan sepakbola bagi anak-anak dan pemuda yang akan menghasilkan pemain-pemain sepakbola berbakat dengan prestasi-prestasi yang cukup membanggakan selama ini dikelola dengan sistem kerabat tanpa dukungan sponsor. Meski demikian apabila ada turnamen-turnamen skala daerah atau nasional seperti Piala Danone, turnamen antara SSB  pada tahun-tahun mendatang,  SSB “byak”.

  • Akan ada juga  media onlinenya para walimurid, murid, pengurus SSB Byak, dan juga bisa diakses oleh semua pihak yang tertarik dengan perkembangan sepakbola di Indonesia. Yang mengakses dari luar negeri, sekedar ingin melihat gambar-gambar yang ditampilkan di sini juga akan disediakan.
  • Untuk kelangsungan program pendidikan SSB ini seperti program 1 siswa 1 bola dan juga peningkatan prestasinya di kancah daerah dan nasional, kami mengajak para pengusaha, pemerhati pendidikan, pecinta sepakbola untuk dapat memberikan dukungannya sebagai donatur SSB byak ini.
  • Silahkan hubungi kami melalui e-mail ke : ssb@anakbiak.com
    atau telepon ke 085254157922 Sergius Wabiser  atau 085254072082  Richy Yosep Rumaikeuw

Dana yang diterima dari anda akan dipergunakan sepenuhnya untuk membiayai operasional pendidikan SSB byak yang berasaskan Dari Kita Untuk Kita ini.

NIRMALA-BEACH HOTEL BISA MENJADI TEMPAT MNEGINAP YANG NYAMAN BAGI ANAK-ANAK INDONESIA ATAU NEGARA LAIN YANG INGIN MENCOBA BERLATIH DI SSB BYAK 1 ATAU 2 MINGGU...YAAA BERLIBUR & BERLATIH DI KOTA BYAK YANG AMAN & CINTA DAMAI ITU. HUBUNGI: SSB BYAK BILA ANDA TERTARIK .... PASTI MERUPAKAN PENGALAMAN BARU BAGI ANDA & TIM ANDA.

PAK SERGIE PUNYA VISI DIRIKAN SSB DI KOTA BYAK.

Jakarta , 15 Juli 2009.   Terima kasih atas kepercayaan Pak Sergi pada kami untuk memohon saran dalam membuat SSB di Biak sudah sejak tahun 2008.

 

Semangat Pak Sergie terlihat sejak email pertama diterima oleh PSSBI.  Pak Sergie memohon petunjuk/ langkah2 kepada PSSBI untuk membuka SSB (Sekolah Sepak Bola) di Kabupaten Biak , apa yang harus dia lakukan.  Bagaimana berkoordinasi & dia harus hubungi dengan pihak mana.

 

Sayang PSSBI tidak memiliki data Kantor Pengurus Cabang PSSI di Kabupaten Biak , yang kami miliki adalah Kantor Pengurus Wilayah PSSI di Jayapura.  Namun demikian, PSSBI terus mencoba memberikan saran2 & langkah2 yang mungkin dapat membantu berdirinya sebuah SSB di Biak.  Apalagi, SSB ini akan diasuh langsung oleh Pak Sergie, yang pernah mengaku kepada PSSBI bahwa dia adalah mantan seorang pemain sepakbola.  Hal ini adalah kabar baik bagi anak-anak di Biak .

 

Berikut adalah saran2 dari kami di PSSBI:

 

Proses pembukaan: 

 

1)       Siapkan nama Para pendiri sebagai penasehat / pelindung SSB kalau ada.  Kemudian plilih Ketua, Wakil Ketua, Bendahara, Sekretaris, dan nama2 Pelatih.

2)       Siapkan Nama SSB, Lambang SSB, Bendera SSB, Kop Surat & amplop, brosur, dst-nya.

3)       Siapakan Kantor Sekretariat, Telepon/ Fax / handpone / email address kalau ada. 

4)       Siapkan Pelatih Kepala, Pelatih U-10, U-12, U-14 & U-14 serta Pelatih Kiper. 

5)       Siapkan Lapangan Tempat SSB berlatih, & Jadwal Latihan, dll. 

6)       Tentukan berapa Biaya Pendaftaran + Biaya Iuran per bulan, Kaos & perlengakapan lainnya.

7)       Bukalah Pendaftaran segera mungkin apabila proses 1 s/d 4 telah siap. 

8)       Siapkan Acara Pembukaan, undang penjabat setempat bila diperlukan. 

9)       Ikuti/ Daftarkan SSB ke Persatuan Sepakbola Biak di Pengurus Cabang/ Kabupaten setempat, agar bisa mengikuti Kompetisi Usia Dini apabila mereka aktif mengadakan kegiatan kompetisi.  Kalau tidak ada lupakan mereka & berjalanlah sendiri.  Carilah lawan latih tanding sendiri. 

10)    Carilah Sponsor untuk dana SSB anda, kalau diperlukan.

11)    Apabila mau dilegalisasikan, buatlah Yayasan atau Badan Usaha seperti PT (Perseroan Terbatas).  Apabila tidak bisa mengurusinya sendiri, minta bantuan notaris setempat.  Bila biaya belum ada, maka lupakan/ tundalah niat tersebut dan fokus pada langkah 1 s/d 6 diatas saja.  Catatan: Klub di Super Liga Indonesia pun baru awal tahun 2009 menjadi Yayasan atau PT karena dipaksa oleh PSSI melalui BLI.  Bahkan beberapa SSB di Jakarta & Jabodetabek pada umumnya sudah lebih dulu mengelola usaha mereka seperti Badan Usaha Kecil.

12)    Kirimkan foto-foto ke PSSBI & struktur Organisasi dan lain2 ke email kami, agar kami perkenalkan ke Masyarakat Sepakbola ditanah air.

 

 

Setelah sekian lama tidak muncul, seminggu yang lalu Pak Sergie kembali menghubungi kami melalui email kami pssbi.pssbi@yahoo.com   & dengan bangga dia melampir foto sebagian anak2 yang saat ini sedang dibinanya.  Salut akan semangat yang tak kujung padam, kami segera mengirimkan saran lagi kepada Pak Sergie.

 

 

Walaupun kami belum mendapat kabar perkembangan SSB yang akan berdiri di Biak tersebut.  Oleh karenanya kami akan memberikan saran-saran lagi agar Pak Sergie menjadi lebih semangat. 

 

Berikut saran2 kami:  Nama SSB: Mutiara Utama Biak.   Disingkat menjadi MU Biak.

 

Kata Mutiara adalah sebutan yang berasal dari Mutiara Hitam yang biasa diberikan oleh pecinta di tanah air kepada pemain-pemain Papua karena bakat alam & kepiawaiannya mengolah bola.  Mutiara Hitam sudah mengukir sepakbola di tanah air. 

 

Juara Klub Perserikatan, Juara Liga, Juara Super Liga Indonesia sudah pernah direbut oleh Mutiara Hitam dari Papua.  Ini berarti  SSB MU Biak diharapkan bisa mencapai prestasi yang sama. 

 

Singkatan MU adalah mirip Manchester United yang sebentar lagi akan datang di Indonesia pada tanggal 17/18 July 2009.  Nah...MU Biak akan mengambil semangat anak-anak Manchester United bahkan bercita-cita seperti itu.  Selamat & Sukses.  Nama SSB MU Biak ini sampai saat ini belum mendapat pengesahan atau persetujuan dari Pak Sergie sendiri ataupun anak-anak yang tercantum dalam foto yang dikirimkan Pak Sergie serta kami cantumkan di www.simplesite.com/pssbi serta CERITA inipun kami turunkan di http://www.pssbi.com/ , bahkan proses pembukaan SSB diatas bisa menjadi pelajaran bagi mereka yang ingin membuka SSB, PSSBI mendukung.

 

Maju terus Pak Sergi jangan tergantung dengan aturan2 yang kaku untuk sementara waktu.  Selama niat anda baik,  jangan takut pasti banyak jalan.  Yang terpenting mulai saja dulu.  Selamat Berjuang anak bangsa di Biak, kami PSSBI & seluruh pecinta sepakbola Usia Dini & Remaja pasti menunggu hasilnya.   Semoga cerita anak bangsa di Biak membangkitkan kota2 lainnya di tanah air.  Good Luck…Pak Sergi di Biak !!! (AD/PSSBI/15Juli2009).

 

Diikirim oleh: Pak Sergie – Biak.

 

 

 

Pak Sergie & anak-anak asuhannya - PSSBI menamakan mereka SSB Mutiara Utama Biak. Majulah....anak-anak di Biak.

Write a new comment: (Click here)

SimpleSite.com
Characters left: 160
DONE Sending...

tia | Reply 12.08.2010 13.06

kalo contoh program latihannya ada gak sih??aku pengen liat..terima kasih sebelumnya..

See all comments

| Reply

Latest comments

Yesterday | 12:26

Saya asal dari madura ... Saya juga ingin masuk SSB ini gmana caranya? Saya tinggal di daerah badami

...
10.07 | 06:38

Dan biaya masuknya berapa pak ua ? Apa masih 250 atau udah berubah. Tolong pak bales pesan dari anak" hebat seperti kami.

...
10.07 | 06:36

Pak maaf, saya mau nanya. Di jayakarta masih ada latihan untuk anak yang lahir tahun 1996,1995,1994 dan yang lebih tua dari saya. Saya kelahiran tahun 96,

...
02.07 | 05:58

jika umur 18 thn, pernah masuk ssb dan sempat tertunda, nah saya punya niat untuk kembali melanjutkan, apakah masih bisa pak?

...
You liked this page
Hi!
Make your own website like I did.
It's easy, and absolutely free.
AD